Rabu, 12 Juli 2023

TARI DENOK DEBLONG

 #Faktamenarik

Dalam kehadirannya, merupakan salah satu tari khas Kota Semarang yang diiringi dengan gamelan gambang semarang. Tari Denok Deblong ada kaitannya dengan sosok Ibu yang memberikan kudhangan “Denok”.  Apa makna tersiratnya ? Yuk kita kupas Tari Denok Deblong !


Tari Denok Deblong



Sumber; Sumber : https://twitter.com/gregetsmg


 

Tari Denok Deblong merupakan tari kreasi yang disusun oleh Yoyok B. Priyambodo dari Sanggar Greget Semarang. Kehadiran Tari Denok Deblong tentunya dapat menambah perbendaharaan tari Semarangan.Sebelumnya telah lahir tari Semarangan yang disusun oleh Bintang Hanggara Putra yang berjudul Tari Denok dan Tari Gado-gado Semarangan karya AL. Agus Supriyanto. Hadirnya tari Denok Deblong juga diharapkan dapat menjadi salah satu tarian khas Semarang, sehingga kota Semarang banyak memiliki tari-tarian khas seperti daerah lain.

Tari Denok Deblong sering dipertunjukkan pada acara-acara peringatan hari besar seperti hari jadi kota Semarang dan hari kemerdekaan Indonesia, selain itu Tari Denok Deblong sering disajikan untuk menyambut wisatawan mancanegara di pelabuhan maupun di bandara. Tari Denok Deblong juga sering mengikuti berbagai festival tari, diantaranya adalah Festival Tari Kemilau Nusantara di Bandung pada tahun 2011 dan menjadi juara I dan menduduki peringkat 10 besar pada acara Matta Fair di Kuala Lumpur, Malaysia dari tahun 2011 sampai tahun 2013.

    Dalam kehadirannya, merupakan salah satu tari khas Kota Semarang yang diiringi dengan gamelan gambang semarang. DENOK, yang berarti sebutan khas remaja putri kota Semarang. DEBLONG, adalah kudangan (timangan) dari sosok ibu atau biyung kepada putri / momongaNnya yang bermakna, kecantikan, kepandaian dan jadilah putri yang berbakti kepada orang tua, Agama, dan Negaranya.  Disisi lain merupakan sarana guna menghimpun potensi budaya mencakup keberagaman dan bentuk kesenian rakyat semarang. Selebihnya jawa tengah pun juga punya “Semarangan”.


Gerak Tari Denok Deblong



Sumber : https://budaya.blog.unisbank.ac.id/wp-content/uploads/2021/07/tari-greget.jpg

 

Gerak dalam tari Denok Deblong merupakan gerak-gerak yang disusun menggunakan gerak-gerak yang dipengaruhi oleh gerak-gerak tari tradisi Jawa yang berkembang di Semarang serta dipengaruhi tari daerah lain seperti tari Betawi dan Jawa Barat.


Iringan Tari Denok Deblong



Sumber : https://mhsw.isi-ska.ac.id/201481055/files/2021/03/malam-gembira-gambang-semarang-750x375-1.jpg

 

Iringan Tari Denok Deblong disusun sendiri oleh Yoyok B. Pryambodo.Tari Denok Deblong diiringi dengan musik Gambang Semarang. Gambang Semarang merupakan salah satu kesenian yang berkembang di Semarang dan gambang Semarang ini merupakan adaptasi dari gambang kromong yang berasal dari Betawi. Adapun instrumen yang digunakan adalah: gambang, saron, saron penerus, kendang, bonang, gong, kempul, gong suwukan, gong besar, kecrek, suling, alat musik gesek (konghayan/tohyan/biola). Syair lagu yang dipakai untuk megiringi adalah lagu Cina Melayu dan Empat Penari.


Tata rias Tari Denok Deblong



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=KjsrK2dKh4Q

 

Tata rias merupakan pendukung dalam penyajian tari. Dengan tata rias penampilan sebuah tarian akan lebih menarik. Tata rias wajah tari Denok Deblong yang digunakan adalah tata rias korektif sehingga wajah kelihatan lebih cantik.


Tata Busana Tari Denok Deblong



Sumber : layar tangkap youtube https://www.youtube.com/watch?v=KjsrK2dKh4Q

Tata Busana adalah pakaian yang digunakan oleh seorang penari. Busana tari denok deblong terdiri dari kebaya, kain/jarik motif semarangan, stagen, sampur, slepe, giwang, kalung, gelang, dan aksesoris kepala terdiri dari sanggul, mahkota, bunga, dan cunduk sumpit.


Pola Lantai Tari Denok Deblong



Sumber : layar tangkap youtube https://www.youtube.com/watch?v=6MefQAx1Yjk

 

Tari Denok Deblong bisa disajikan secara tunggal maupun massal. Agar penampilan tari lebih menarik, maka digunakan beberapa pola lantai. Pola lantai yang digunakan adalah garis lurus ke depan, garis lurus ke samping, garis serong kanan dan serong kiri dan lingkaran.


DAFTAR PUSTAKA


Supratiwi. 2013. Bentuk Penyajian Tari Denok Deblong Di Sanggar Greget Semarang. Skripsi.

Tidak Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang:Semarang.

 

LINK YOUTUBE


 https://www.youtube.com/watch?v=K1z1UEQRKq8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKULTURASI BUDAYA TARI KOTA SEMARANG

#faktamenarik Kesenian Gambang Semarang merupakan hasil persebaran budaya Betawi yang berasal dari Jakarta yang dibawa oleh masyarakat bet...